Cara instal e-SPT tahunan PPh badan (formulir 1771)


cara instal e-spt tahunan badan

Tutorial ini mengenai cara instal e-SPT tahunan PPh wajib pajak badan. Untuk pelaporan SPT tahunan PPh 2018, wajib pajak badan masih diperbolehkan mengisi formulir 1771 secara manual.

Meskipun demikian, penggunaan e-SPT dan e-Filing diperkirakan akan sangat direkomendasikan bahkan diwajibkan di masa mendatang. Oleh karena itulah, wajib pajak badan lebih baik mempersiapkan dan membiasakan penggunaan cara elektronik dari sekarang.

Download e-SPT tahunan badan

Aplikasi e-SPT tahunan PPh badan tersedia di website Direktorat Jenderal Pajak. Pada saat artikel ini dibuat, aplikasi e-SPT tahunan PPh badan bisa didownload di sini.

Download seluruh bagian file instalasi (part1 sampai dengan part6). Pastikan untuk menempatkan file-file itu dalam folder yang sama.

Direktorat Jenderal Pajak sangat mungkin menyediakan update atau versi baru aplikasi di masa mendatang. Untuk memastikan versi yang diinstal adalah yang masih berlaku, kunjungi website Direktorat Jenderal Pajak secara berkala.

Setelah semua file RAR diunduh, ekstrak semua bagian file dengan hanya mengklik kanan part1, pilih Extract here.

download e-SPT tahunan badan

Langkah di atas dimungkinkan jika program WinRAR terpasang. Sistem operasi Windows 10 sudah memungkinkan ekstrak file arsip secara langsung melalui File Manager. Setelah ekstraksi file berhasil, buka folder e-SPT PPh Badan. Lakukan ekstraksi file E-SPT PPh Badan yang ada di dalam folder tersebut dengan cara yang sama seperti di atas.

Setelah ekstraksi kedua berhasil, buka folder baru E-SPT PPh Badan yang berisi file-file instalasi yang diperlukan.

Instal e-SPT tahunan badan

Cara instal e-SPT PPh tahunan badan sebenarnya sudah disediakan dalam file Cara Instalasi (format teks, bisa dibuka dengan Notepad). Proses instal sangat mudah, yaitu dengan menjalankan file instalasi 1, 2, dan 3 secara berurutan. Ikuti saja instruksi yang diberikan selama proses instal. Satu proses harus diselesaikan sebelum memulai proses selanjutnya.

Sebagai contoh, untuk menginstal file instalasi 1 klik kanan file 1, pilih Run as administrator.

instal e-SPT tahunan badan

Klik tombol Next. Dalam tampilan Customer Information yang muncul setelahnya, isi field Username dan Organization, bisa dengan data sembarang, klik lagi tombol Next. Lanjutkan proses instalasi sampai dengan selesai.

Ulangi proses instal yang sama untuk file 2 dan 3. Setelah instal e-SPT tahunan badan selesai, aplikasi bisa diakses melalui Start Menu melalui folder eSPT PPh Tahunan Badan.

Tutorial mengenai pengisian e-SPT tahunan pajak UMKM yang termasuk wajib pajak badan, seperti koperasi, CV, atau PT, akan diberikan dalam artikel terpisah.

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *