Kartu perhitungan biaya standar per unit


sistem biaya standar

Sistem biaya standar bisa digunakan di perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa. Baik barang maupun jasa sama-sama menggunakan input (masukan) seperti bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead.

Dengan menerapkan sistem biaya standar berarti perusahaan menetapkan standar harga dan standar kuantitas untuk tiap-tiap input, terlepas dari apakah input-input itu adalah input barang berwujud (barang) atau tidak berwujud (jasa).

Penetapan standar harga dan standar kuantitas untuk tiap-tiap input (tiga komponen biaya produksi: bahan baku, tenaga kerja langsung, dan overhead) memungkinkan biaya standar per unit barang atau jasa bisa dihitung. Baca juga: Biaya standar dan analisis varians

Kartu biaya standar adalah kartu atau dokumen yang memuat rincian perhitungan biaya standar per unit. Baca juga: Manfaat sistem biaya standar

Contoh perhitungan biaya standar

Salah satu produk PT Hanum adalah yogurt beku rasa strawberry. Pembuatan yogurt beku rasa strawberry dimulai dengan menyiapkan dua adonan.

Adonan pertama terdiri dari susu dan agar-agar. Kedua bahan itu diadon, dipanaskan, dan kemudian didinginkan. Adonan kedua berisi yogurt, krim yang sudah dikocok, dan strawberry yang sudah dihancurkan.

Kedua adonan itu diblender dan dicampurkan hingga merata. Olahan akhir ini kemudian dituang ke dalam kemasan seperempat galon dan dibekukan. Proses pengemasan dilakukan secara otomatis.

Tenaga kerja langsung (buruh) dipekerjakan untuk mengoperasikan peralatan dan mengecek kestabilan kualitas dan rasa.

Kartu perhitungan biaya standar untuk seperempat galon yogurt beku rasa strawberry ditunjukkan sebagai berikut.

perhitungan biaya standar

Download template excel perhitungan biaya standar di sini.

Kartu perhitungan biaya standar di atas menunjukkan yogurt beku strawberry terbuat dari lima item bahan buku: yogurt (dalam ons), strawberry (dalam ons), susu (dalam ons), krim (dalam ons), dan agar-agar (dalam ons). Kemasan juga dianggap sebagai bahan baku langsung.

Tenaga kerja langsung adalah operator mesin yang juga melakukan inspeksi (dalam jam).

Overhead variabel mencakup tiga jenis baya: gas (untuk memasak), listtrik (untuk mengoperasikan peralatan), dan air (untuk bersih-bersih). Overhead variabel diterapkan ke yogurt beku strawberry (output) menggunakan jam tenaga kerja langsung.

Overhead tetap juga diterapkan ke yogurt beku strawberry (output) menggunakan jam tenaga kerja langsung, terdiri dari gaji, penyusutan, pajak, dan asuransi.

Sejumlah 37 ons bahan likuid (yogurt, susu, dan krim) digunakan untuk menghasilkan satu kuart (seperempat galon) yogurt beku. Input tambahan diperlukan karena dua alasan. Pertama, sebagian bahan likuid menguap. Kedua, Hanum menghendaki setiap kemasan berisi yogurt beku strawberry lebih dari 32 ons untuk menjamin kepuasan pelanggan.

Memahami perhitungan biaya standar

Kartu perhitungan biaya standar per unit output di atas juga menjelaskan hal-hal penting lain. Standar penggunaan untuk overhead variabel dan overhead tetap terkait dengan standar tenaga kerja langsung. Baca juga: Varians anggaran fleksibel, biaya dianggarkan, dan biaya sebenarnya

Tarif yang diterapkan untuk overhead variabel adalah Rp60.000 per jam tenaga kerja langsung. Karena satu kuart (seperempat galon) yogurt beku menggunakan 0,01 jam tenaga kerja langsung, biaya overhead variabel yang diperhitungkan dalam satu kuart adalah Rp600 (Rp60.000 × 0,01).

Tarif yang diterapkan untuk overhead tetap adalah Rp200.000 per jam tenaga kerja langsung, sehingga biaya overhead tetap per kuart adalah Rp2.000 (Rp200.000 × 0,01).

Kartu perhitungan biaya standar juga merinci kuantitas (jumlah) tiap-tiap input yang seharusnya digunakan untuk memproduksi satu unit output. Standar kuantitas per unit bisa digunakan untuk menghitung jumlah total input yang seharusnya untuk jumlah output sebenarnya yang dihasilkan. Perhitungan ini menjadi salah satu komponen penting dalam menghitung varians efisiensi.

Manajer harus mampu menghitung kuantitas standar bahan baku yang seharusnya (SQ) dan jam standar yang seharusnya (SH) untuk jumlah output yang sebenarnya dihasilkan. Kalkulasi ini harus dilakukan untuk setiap kelompok bahan baku langsung dan untuk tiap kelompok tenaga kerja langsung.

Sebagai contoh, 20.000 kuart yogurt beku strawberry benar-benar diproduksi pada minggu pertama bulan Agustus 2019. Berapakah jumlah yogurt (input) yang seharusnya digunakan untuk output sebenarnya sejumlah 20.000 kuart?

Standar kuantitas per unit menunjukkan 25 ons yogurt per kuart (lihat kartu perhitungan di atas). Untuk 20.000 kuart, kuantitas standar yogurt yang seharusnya digunakan dihitung sebagai berikut:

SQ = Standar kuantitas per unit × Output sebenarnya
SQ = 25 × 20.000
SQ = 500.000 ons

Kartu perhitungan biaya standar juga menunjukkan standar kuantitas per unit 0,01 jam per kuart yang dihasilkan. Jika 20.000 kuart benar-benar diproduksi, jam standar yang seharusnya adalah:

SH = Standar kuantitas per unit × Output sebenarnya
SH = 0,01 × 20.000
SH = 200 jam tenaga kerja langsung

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *