Manfaat sistem biaya standar


sistem biaya standar

Sistem biaya standar bisa digunakan dalam manajemen biaya, perencanaan dan pengendalian, pengambilan keputusan, dan penentuan biaya produksi. Baca juga: Biaya standar dan analisis varians

Sistem biaya standar dan manajemen biaya

Sistem biaya standar memungkinkan manajer mengelola biaya dengan ditetapkannya standar yang mencerminkan kondisi operasi yang efisien. Standar juga bisa membantu manajer memahami apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kinerja saat ini dan masa depan. Baca juga: Kartu perhitungan biaya standar per unit

Perencanaan dan pengendalian

Sistem biaya standar bisa meningkatkan fungsi perencanaan dan pengendalian serta memperbaiki pengukuran kinerja. Baca juga: Varians anggaran fleksibel, biaya dianggarkan, dan biaya sebenarnya

Standar unit menjadi salah satu syarat yang sangat penting dalam sistem anggaran fleksibel. Dalam sistem anggaran fleksibel, varians adalah selisih antara biaya sebenarnya dengan biaya yang direncanakan pada tingkat aktivitas yang sebenarnya.

Standar harga dan standar kuantitas per unit memungkinkan total varians dipilah menjadi varians harga dan varians penggunaan atau varians efisiensi. Pemilahan menjadi dua jenis varians ini memungkinkan manajer memiliki informasi lebih banyak.

Sebagai contoh, manajer bisa menyimpulkan apakah terjadinya varians disebabkan oleh perbedaan antara harga sebenarnya dengan yang direncanakan, perbedaan antara penggunaan sebenarnya dengan yang direncanakan, atau disebabkan oleh keduanya.

Dengan kata lain, penggunaan varians efisiensi meningkatkan pengendalian operasi. Di samping itu, pemilahan varians harga yang sebagian besar tidak bisa dikendalikan oleh manajer berarti sistem biaya standar memberikan ukuran efisiensi manajemen yang lebih cermat.

Pengambilan keputusan dan penghitungan biaya produksi

Sistem biaya standar juga memudahkan pengambilan keputusan serta penghitungan biaya produksi dan harga pokok produk.

Sebagai contoh, sistem biaya standar menyediakan informasi harga pokok produk per unit yang bisa langsung digunakan dalam pengambilan keputusan harga jual. Sistem biaya standar terutama bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang biasa terlibat dalam tender pengadaan barang atau jasa dan bagi perusahaan-perusahaan yang dibayar berdasarkan kontrak cost-plus.

Sebagai contoh, sistem biaya standar menyediakan informasi harga pokok produk per unit yang bisa langsung digunakan dalam pengambilan keputusan harga jual. Sistem biaya standar terutama bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang biasa terlibat dalam tender pengadaan barang atau jasa dan bagi perusahaan-perusahaan yang dibayar berdasarkan kontrak cost-plus.

Sebagai perbandingan, sistem biaya produksi standar dihitung dengan menggunakan standar kuantitas dan standar harga untuk bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead.

Sistem biaya produksi normal menentukan terlebih dahulu biaya overhead untuk tujuan penghitungan harga pokok produksi, tetapi menggunakan biaya bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung sebenarnya.

Sistem biaya produksi aktual memperhitungkan biaya sebenarnya untuk ketiga komponen biaya produksi.

Sistem biaya standar juga menyederhanakan penghitungan harga pokok produksi bagi perusahaan-perusahaan manufaktur yang memproduksi barang secara massal. Sebagai contoh, jika sistem biaya proses menggunakan biaya standar dalam menghitung biaya produksi, penghitungan biaya per unit untuk tiap-tiap kategori biaya unit ekuivalen menjadi tidak diperlukan.

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *